Ex Machina (2015) 's Review

Image
From the beginning of this film, which is how humans can't be escaped from the name of Technology. Yes, modern humans today certainly can't be escaped from laptops, smartphones, and other things related to technology. In this film where a boss named Nathan intends to create an interface that can help people make their work easier. We all know if making an interface is not easy. In this case, the computer and its equipment must be designed in accordance with the desired needs and can help humans in their daily work (according to specific tasks given). If we talk about interfaces, it will offend the User Interface. User Interface here is more than what humans can see, touch or hear. The user interface includes concepts, user needs to know computer systems, and must be integrated into the entire system. The user interface isn't enough to just look 'good' but must be able to support tasks done by humans and has made to avoid minor mistakes. In this film, it c

View pada Laravel Part3



Memberikan Data kepada View

Sebelumnya anda sudah dapat menyimpan view di dalam sub-folder . Dalam aplikasi sesungguhnya, sangat jarang sekali isi dari suatu file view bersifat statis. Umumnya, suatu view dipakai untuk menampilkan data, misalnya data yang berasal dari database.
Namun, karena kita pada kali ini tidak menggunakan database, maka data yang akan ditampilkan kita buat secara manual. Baik, mari kita bahas langkah-demi langkah...

Langkah 1: 
Buat sebuah route baru untuk menampilkan daftar mahasiswa pada file routes.php :


Penjelasan :
* baris 29-30: Untuk sementara, data mahasiswa kita buat secara manual berupa array yang berisi beberapa nama seperti pada route di atas. Array tersebut berisi nama-nama mahasiswa dan kita simpan sebagai variabel $mahasiswa.
* baris 31: File view yang kita panggil bernama index.php, yang kita simpan di sub-folder mahasiswa . Untuk memberikan data kepada view, kita berikan data sebagai parameter ke-2 di fungsi get() ketika memanggil view. Kita bisa memakai fungsi compact() untuk melewatkan dollar($) di depan nama variabel $mahasiswa . Nama variabel mahasiswa kita buat string, oleh karena itu diapit tanda petik tunggal.

Langkah 2:
Buat sebuah folder baru bernama mahasiswa  di dalam folder belajarlaravel/resources/views/.

Langkah 3:
Buat sebuah file baru bernama index.php, simpan di dalam folder mahasiswa yang baru dibuat tadi. Sehingga path lengkap dari file index.php  adalah belajarlaravel/resources/views/mahasiswa/index.php . Berikut ini isi dari file index.php :




Penjelasan :
* baris 3: Pertama, kita periksa dulu apakah variabel $mahasiswa  berisi data atau tidak. Karena jika kita menggunakan fungsi foreach()  untuk menampilkan data dari suatu variabel bertipe array yang kosong, maka akan muncul error.
* baris 5-7: Jika variabel  $mahasiswa kosong, maka akan ditampilkan pesan bahwa "Tidak ada data mahasiswa".

Langkah 4:
Pada browser, anda ketikkan alamat http://belajarlaravel.dev/mahasiswa , maka hasilnya akan terlihat pada gambar di bawah ini :







Comments

Popular posts from this blog

PERANGKAT BERGERAK (MOBILE DEVICE)

Membuat Aplikasi Penjualan Sederhana Menggunakan VB.Net dan database Access 2010 (CRUD)

Ex Machina (2015) 's Review