Ex Machina (2015) 's Review

Image
From the beginning of this film, which is how humans can't be escaped from the name of Technology. Yes, modern humans today certainly can't be escaped from laptops, smartphones, and other things related to technology. In this film where a boss named Nathan intends to create an interface that can help people make their work easier. We all know if making an interface is not easy. In this case, the computer and its equipment must be designed in accordance with the desired needs and can help humans in their daily work (according to specific tasks given). If we talk about interfaces, it will offend the User Interface. User Interface here is more than what humans can see, touch or hear. The user interface includes concepts, user needs to know computer systems, and must be integrated into the entire system. The user interface isn't enough to just look 'good' but must be able to support tasks done by humans and has made to avoid minor mistakes. In this film, it c

Membuat User Baru pada Oracle Database 12C R1

Selamat datang kembali di blog saya yakni incrediblefoundertutorial.blogspot.com. 
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana membuat user baru pada database. Untuk dapat mengikuti pembahasan ini, saya sarankan anda untuk menggunakan RDBMS yang saya gunakan yaitu Oracle Database 12C R1. 

Oracle Database 12C R1 merupakan versi Oracle Database terbaru dari Oracle Corporation baru-baru ini. Berbagai fitur terbaru yang dirilis salah satunya yaitu Oracle Cloud tentunya menjadi fitur paling powerfull yang mendukung penggunaan database dalam skala besar yang biasa digunakan oleh perusahaan besar / enterprise. 

Baik tanpa panjang lebar lagi, mari kita bahas..

1. Buka terminal anda (CMD pada windows).
2. Buka aplikasi SQL PLUS dengan mengetikkan SQLPLUS.exe
3. Login ke Oracle Database dengan akun SYS sebagai SYSDBA dan password anda.
4. Lalu ketikkan perintah di bawah ini :

SQL > ALTER SESSION SET "_ORACLE_SCRIPT" = TRUE;

     Perintah di atas dimaksudkan untuk membuat session dihidupkan. Khusus pada Oracle Database 12C R1 anda harus mendefinisikan syntax di atas terlebih dahulu sebelum memulai untuk membuat user baru. Syntax di atas tidak berlaku ketika digunakan pada Oracle Database versi di bawah 12C R1.

5. Selanjutnya ketikkan perintah di bawah ini :

SQL > CREATE USER isminq IDENTIFIED BY nurqolbi 
            DEFAULT TABLESPACE USERS 
            TEMPORARY TABLESPACE TEMP
            QUOTA 10M ON USERS
            ACCOUNT UNLOCK;

     






Penjelasan :
CREATE USER isminq IDENTIFIED BY nurqolbi      =>      membuat user dengan username 'isminq' dan password 'nurqolbi'. 

 DEFAULT TABLESPACE USERS          =>     user 'isminq' akan menggunakan tablespace bawaan yaitu USERS. 
            
 TEMPORARY TABLESPACE TEMP        =>    user 'isminq' akan menggunakan penyimpanan sementara pada tablespace TEMP.
            
QUOTA 10M ON USERS               =>    user 'isminq' diberikan kuota 10 MB pada tablespace USERS untuk menyimpan semua objek yang berkaitan dengan penanganan database.

ACCOUNT UNLOCK;                =>   user 'isminq' yang awalnya terkunci maka akan dibuka oleh SYSDBA agar akunnya dapat digunakan.






Baik, kurang lebih seperti itu pembuatan akun user baru pada Oracle Database 12C R1. Saran dari saya perhatikan penulisan dari syntax di atas untuk dapat memudahkan anda dalam memahaminya.

Tutorial selanjutnya yaitu bagaimana menggunakan akun HR pada Oracle..

Terimakasih atas kunjungannya... Salam Oracle Database Administrator...
 



 

  

Comments

Popular posts from this blog

PERANGKAT BERGERAK (MOBILE DEVICE)

Membuat Aplikasi Penjualan Sederhana Menggunakan VB.Net dan database Access 2010 (CRUD)

Ex Machina (2015) 's Review