Ex Machina (2015) 's Review

Image
From the beginning of this film, which is how humans can't be escaped from the name of Technology. Yes, modern humans today certainly can't be escaped from laptops, smartphones, and other things related to technology. In this film where a boss named Nathan intends to create an interface that can help people make their work easier. We all know if making an interface is not easy. In this case, the computer and its equipment must be designed in accordance with the desired needs and can help humans in their daily work (according to specific tasks given). If we talk about interfaces, it will offend the User Interface. User Interface here is more than what humans can see, touch or hear. The user interface includes concepts, user needs to know computer systems, and must be integrated into the entire system. The user interface isn't enough to just look 'good' but must be able to support tasks done by humans and has made to avoid minor mistakes. In this film, it c

Instalasi Laravel 5.2

INSTALASI  LARAVEL 5.2


1. Kebutuhan Sistem

    Untuk menggunakan Laravel 5.2, komputer/server yang kita gunakan setidaknya harus menjalankan PHP dengan spesifikasi minimum sebagai berikut :
  •      PHP >= 5.5.9
  •      OpenSSL PHP Extension
  •      PDO PHP Extension
  •      Mbstring PHP Extension
  •      Tokenizer PHP Extension
      Saya menggunakan WampServer 2.5. Dengan demikian, semua spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan Laravel 5.2 sudah terpenuhi. Kalau server yang anda gunakan belum memenuhi spesifikasi minimum yang sudah ditentukan, saya sarankan anda untuk segera mengupgradenya. Laravel tidak akan berjalan dengan baik pada komputer/server yang tidak memenuhi kebutuhan minimumnya. 

      Jika anda tidak memakai WampServer, misalnya anda lebih suka menggunakan XAMPP, atau bahkan menginstall manual masing-masing item server (Apache, MySQL, PHP), hal itu tidak jadi masalah. Yang terpenting, kebutuhan minimum yang dibutuhkan Laravel 5.2 di atas dapat terpenuhi.


2. Langkah-langkah Instalasi Laravel

        Pada tutorial kali ini, pembuatan contoh proyek aplikasi laravel kita bernama Belajar_Laravel. Tanpa berlama-lama, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menginstall Laravel 5.2 :

Langkah 1 : 

         Buka command prompt (cmd). Kemudian masuk ke folder www WampServer dengan mengetik perintah cd D:/wamp/www. 

Setelah masuk ke dalam folder www, ketikkan perintah : composer create-project laravel/laravel belajarlaravel 5.2.*   . Setelah itu tekan enter, maka proses instalasi akan dimulai. Lihat gambar di bawah ini :
 



          Instalasi berhasil sampai dengan Application key [base64:.......=] set successfully .
         

Penjelasan :
  • Perintah composer create-project digunakan untuk membuat project baru.
  • laravel/laravel adalah nama paket yang akan kita buat projectnya. Ya, laravel dapat dipandang sebagai paket juga.
  • belajarlaravel adalah nama folder tempat menyimpan instalasi Laravel. Jadi nanti di dalam folder www akan terbentuk folder bernama belajarlaravel yang berisi hasil instalasi laravel.
  • 5.2.* adalah parameter tambahan yang kita berikan pada perintah composer create-project untuk memastikan kita akan menginstall Laravel versi 5.2. 

Langkah 2: 
      Aktifkan WampServer dari StartMenu. Maka pada bagian bawah taskbar, akan muncul icon WampServer berwarna hijau seperti gambar di bawah ini :



Langkah 3: 
      Pada web browser anda, ketik alamat : http://localhost/belajarlaravel/public/  . Jika proses instalasi berhasil, akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini :



  

Selesai,

Oke sampai di sini tutorial installasi laravel versi 5.2. Untuk tutorial selanjutnya anda bisa klik link berikut ini  : .......

Terima kasih sudah berkunjung.....


Referensi : 
Awan, Basuki, 2016, Konsep dan Implementasi Pemrograman Laravel 5, Loko Media.
        

Comments

Popular posts from this blog

PERANGKAT BERGERAK (MOBILE DEVICE)

Membuat Aplikasi Penjualan Sederhana Menggunakan VB.Net dan database Access 2010 (CRUD)

Ex Machina (2015) 's Review