Ex Machina (2015) 's Review

Image
From the beginning of this film, which is how humans can't be escaped from the name of Technology. Yes, modern humans today certainly can't be escaped from laptops, smartphones, and other things related to technology. In this film where a boss named Nathan intends to create an interface that can help people make their work easier. We all know if making an interface is not easy. In this case, the computer and its equipment must be designed in accordance with the desired needs and can help humans in their daily work (according to specific tasks given). If we talk about interfaces, it will offend the User Interface. User Interface here is more than what humans can see, touch or hear. The user interface includes concepts, user needs to know computer systems, and must be integrated into the entire system. The user interface isn't enough to just look 'good' but must be able to support tasks done by humans and has made to avoid minor mistakes. In this film, it c

DATABASE ADMINISTRATOR


Pada materi sebelumnya saya telah membahas beberapa materi mengenai database, maka kali ini saya akan membahas orang yang bertanggung jawab dibelakang sebuah DBMS. Berikut pembahasannya..

Seorang Database Administrator atau yang sering disebut juga dengan DBA merupakan orang yang paling bertanggung jawab untuk mendesai, implementasi, pemeliharaan, dan perbaikan database. Peran DBA dalam DBMS sangat vital, mengapa demikian ? ya karena peran DBA itu sendiri mencakup pengembangan dan desain strategi database, pemantauan dan meningkatkan kinerja dan kapasitas database, dan perencanaan kebutuhan pengembangan di masa depan. DBA mungkin juga akan merencanakan, mengoordinasikan dan melaksanakan langkah-langkah keamanan untuk menjaga database. Tentunya sebuah perusahaan yang memiliki kompleksitas data mungkin mengharuskan seorang DBA memiliki sertifikasi atau gelar untuk sistem database (misalnya : Microsoft Certified Database Administrator, Oracle Database Administrator).
Perlu diketahui, bahwa tugas-tugas seorang DBA bervariasi bergantung pada Job-desc nya, perusahaan, peraturan TI, fitur-fitur teknis, dan juga kemampuan dari DBMS yang diberikan. Semua itu termasuk pemulihan setelah analisis kinerja dan tuning, pemeliharaan data dictionary, dan desain database.

Untuk memperjelasnya, peran DBA meliputi :
1.        Pemasangan perangkat lunak.
Perangkat lunak yang dipasang oleh DBA yaitu perangkat lunak DBMS dan perangkat lunak lain yang berhubungan dengan administrasi DBMS. Penting untuk diketahui, bahwa DBA atau anggota Staff IS harus menguji software baru sebelum pindah ke sebuah lingkungan produksi.
2.      Konfigurasi hardware dan software dengan sistem administrator.
DBA bekerja sama dengan administrator sistem untuk melakukan instalasi perangkat lunak, dan untuk mengonfigurasi hardware dan software agar berfungsi secara optimal agar berfungsi secara optimal dengan DBMS.
3.       Pengamanan administrasi.
Hal ini melibatkan penambahan dan menghapus pengguna, pemberian kuota, audit, dan memeriksa masalah keamanan.
4.      Analisis Data.
DBA menganalisis data yang tersimpan dalam database dan membuat rekomendasi yang berkaitan dengan kinerja dan efisiensi penyimpanan data.
5.      Database Design (awal).
Hal ini bertujuan menghilangkan berbagai masalah yang mungkin terjadi.
6.      Data pemodelan dan optimasi.
Hal ini berfungsi untuk mengoptimalkan sistem tata letak untuk mengambil yang paling
7.      Bertanggung jawab atas administrasi perusahaan yang berhubungan dengan database analisis, desain, dan penciptaan database baru.


Setelah penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa seorang DBA harus mampu bertanggung jawab atas perannya sebagai pengelola DBMS. Berfikir kritis dan dinamis terhadap sesuatu yang akan terjadi pada komponen DBMS yang mungkin saja selalu mengalami perubahan jelas bukan perkara yang mudah, oleh karena itu seorang DBA dituntut agar dapat menyesuaikan peran semestinya.

Sekian dulu materi mengenai DBA, di kesempatan berikutnya mungkin akan saya bahas mengenai sertifikasi DBA. Terima kasih atas kunjungannya !! :D











Comments

Popular posts from this blog

PERANGKAT BERGERAK (MOBILE DEVICE)

Membuat Aplikasi Penjualan Sederhana Menggunakan VB.Net dan database Access 2010 (CRUD)

Ex Machina (2015) 's Review