Ex Machina (2015) 's Review

Image
From the beginning of this film, which is how humans can't be escaped from the name of Technology. Yes, modern humans today certainly can't be escaped from laptops, smartphones, and other things related to technology. In this film where a boss named Nathan intends to create an interface that can help people make their work easier. We all know if making an interface is not easy. In this case, the computer and its equipment must be designed in accordance with the desired needs and can help humans in their daily work (according to specific tasks given). If we talk about interfaces, it will offend the User Interface. User Interface here is more than what humans can see, touch or hear. The user interface includes concepts, user needs to know computer systems, and must be integrated into the entire system. The user interface isn't enough to just look 'good' but must be able to support tasks done by humans and has made to avoid minor mistakes. In this film, it c

SOFTWARE


A. Definisi Software / Perangkat Lunak
Software merupakan kumpulan dari program yang digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu pada komputer, sedangkan program merupakan kumpulan perintah komputer yang tersusun secara sistematis.

     B. Pengelompokkan Software
Perangkat lunak sistem merupakan kumpulan dari perangkat lunak yang digunakan untuk mengendalikan sistem komputer yang meliputi sistem operasi (Operating System), interpreter, dan kompiler.

C. Sistem Operasi
Sistem operasi berfungsi untuk mengendalikan hubungan antara komponen-komponen yang terpasang dalam suatu sistem komputer misalnya antara keyboard dan CPU, dengan layar monitor dan lain-lain.

Sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia saat ini adalah sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft dengan nama Microsoft Windows. Versi windows yang paling banyak saat ini adalah Windows XP, Windows 7, Windows 8. Versi terbarunya yang  hadir dengan berbagai fitur terbarunya bernama Windows 10.


1.       Jenis-jenis Program dalam Sistem Informasi
Ø Bootstrap Loader (program pembaca software pertama) : berfungsi untuk membaca bagian utama dari sistem operasi dari penyimpanan kedua (secondary memory) atau tambahan ketika komputer pertama kali dinyalakan.
Ø Diagnostic Test (pengecekan): berfugsi untuk melakukan pengecekan terhadap jalannya komponen-komponen dari sistem komputer, seperti pengecekan terhadap RAM dan Diskdrive. Contoh software ini adalah Norton Utility.
Ø Operating System Executive : berfungsi untuk mengendalikan jalannya sistem komputer, seperti menjalankan program dan mengirimkan perintah ke hardware (perangkat keras).
Ø BIOS / Basic Input Output Systems (Program pengendali peralatan input output) berfungsi :
-         Membaca karakter dari keyboard
-         Menulis karakter pada layar monitor
-         Menulis karakter pada printer
-         Menentukan apakah printer sedang sibuk atau tidak
-         Membaca sektor disk pada diskdrive tertentu.
Ø Utility Program : berfungsi untuk memberikan kemudahan dalam memanfaatkan disk seperti :
-         Memformat disk
-         Menunjukkan isi disk
-         Mengopi isi dari disk ke disk lain
-         Memindahkan isi dari disk ke disk lain
-         Menunjukkan sisa dari disk
-         Membuat back up hard disk
-         Menyimpan kembali back up ke hard disk
Ø File Maintenance : berfungsi  untuk memberikan fasilitas pada program yang dibuat oleh user (pemakai komputer) untuk membuat, membaca, dan mengisi file.

2.     Memilih Sistem Operasi


Sistem-sistem operasi yang beredar di masyarakat saat ini jumlahnya cukup banyak dan kemampuannya sangat tinggi serta bervariasi. Perlu biaya yang besar, kemampuan pemahaman yang tinggi di bidang sistem operasi dan waktu yang banyak untuk menguji keandalan suatu sistem operasi. Saat ini, hanya negara-negara maju yang memiliki fasilitas dan dana untk melakukan pengujian tersebut. Yaa kita sebagai user biasa dari sistem operasi bukan pada tempatnya untuk menilai apakah sistem operasi memiliki kualitas yang baik atau belum ada pengembang sistem operasi di Indonesia. Penilaian suatu sistem operasi tidak hanya dinilai dari kemampuan sistem operasi tersebut, promosi yang dilakukan serta keandalan berdasarkan pengalaman orang-orang yang menggunakannya.
  
3.     Fungsi Sistem Operasi
Sistem operasi memiliki beberapa fungsi yang di antaranya adalah:
Ø Menjalankan komputer saat komputer pertama dinyalakan
Ø Menjalankan program aplikasi
Ø Menjalankan program utility
Ø Mengelola file
Ø Menjalankan mode batch (menumpuk data sebelum diolah)
Ø Memberi layanan pencetakan data di layar dan printer serta menyimpan data di file.

4.     Sistem Operasi Multitasking dan Multiuser
Ø Multitasking : sistem operasi yang biasa melayani beberapa program komputer yang tersimpan pada memori untuk menjalankan aplikasi tertentu pada saat yang bersamaan. Misalnya anda bisa menjalankan pemutar musik saat menggunakan aplikasi pengolah kata (word processor) dan tabel (spreadsheet).
Ø Multiuser : sistem operasi yang bisa melayani beberapa user pada saat yang bersamaan untuk menjalankan satu aplikasi tertentu yang tersimpan pada komputer tertentu seperti server dan host. Sebagai contoh untuk pengolahan secara terpusat (time sharing processing), misalnya anda suatu saat ingin menjalankan software tertentu yang jumlah kopinya hanya satu di server, tapi yang menggunakannya banyak, software tersebut bisa dipanggil dan dijalankan di banyak terminal pada saat yang bersamaan, hal ini terjadi karena setiap terminal membaca aplikasi tertentu di server dan kemudian menyimpannya di memori terminal (client).


  D. Interpreter dan Compiler

1.       Interpreter
Interpreter merupakan software yang berfungsi sebagai penerjemah bahasa yang dimengerti oleh manusia ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer (bahasa mesin) perintah per perintah. Di masyarakat, interpreter ini lebih dikenal sebagai bahasa pemrograman.
Interpreter atau bahasa saat ini telah berkembang sampai pada bahasa generasi keempat sebagai berikut :
Ø Bahasa generasi pertama (1st GL) – Misalnya bahasa mesin.
Ø Bahasa generasi kedua (2nd GL) – Misalnya bahasa assembly.
Ø Bahasa generasi ketiga (3rd GL) – Misalnya bahasa BASIC, C, COBOL, FORTRAN, PASCAL.
Ø Bahasa generasi keempat (4th GL) – Misalnya bahasa foxpro, Java, C#, Visual Basic, Delphi, dll.
Kemampuan bertahan cukup lama tersebut bukan hanya disebabkan oleh keandalan software tersebut saja tapi juga ditentukan oleh teknik pemasaran dan siapa saja perusahaan di belakangnya yang mendorong munculnya kepercayaan masyarakat. Software lainnya yang telah lama dan sampai saat ini masih mendapat kepercayaan masyarakat adalah Oracle dari Oracle Corp , SUN Microsystem. Software ini kemampuannya sangat tinggi sehingga masyarakat banyak menggunakannya untuk perusahaan-perusahaan besar. Jeni software 4th GL lainnya adalah Microsoft Access .

2.     Kompiler
Kompiler berfungsi untuk menerjemahkan bahasa yang dipahami manusia ke dalam bahasa yang dipahami oleh komputer  secara langsung satu file. Saat ini Interpreter dan Compiler telah menjadi 1 paket, lain halnya beberapa belas tahun lalu, saat kita menggunakan suatu interpreter maka kita harus mencari Compilernya. Para programmer menggunakan compiler agar program yang dibuatnya tidak bisa dibaca oleh orang lain dan dengan ‘Linker’ bisa dijalankan EXE file sehingga bisa langsung dijalankan tanpa harus memanggil dulu interpreternya.
Beberapa contoh interpreter 4th GL di atas, baik untuk digunakan apabila anda ingin membuat aplikasi-aplikasi bisnis, tapi ini tidak berarti tidak ada interpreter dan compilerlain yang tidak bisa digunakan. Sebenarnya masih banyak intepreter lain yang bisa digunakan untuk mengembangkan suatu aplikasi bisnis. Bagi anda, sebaiknya hanya menguasai satu bahasa pemrograman tingkat tinggi dengan cukup mendalam dan satu bahasa tingkat bawah sebagai tambahan tapi bila anda menguasa banyak bahasa kemungkinan besar anda menguasai bahasa tersebut tidak optimal, tapi setengah-setengah.
Dalam pengembangan sistem informasi manajemen, bukan banyaknya bahasa pemrograman yang menentukan anda bisa membuat software atau tidak, tapi sejauh mana anda bisa menggunakan bahasa pemrograman dengan baik, dan anda harus menyadari bahwa dalam pembuatan aplikasi bisnis tersebut tidak sepenuhnya ditentukan oleh software apa yang digunakan, akan tetapi sangat ditentukan oleh siapa yang menggunakan software tersebut.


         E. Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi merupakan software jadi yang siap untuk digunakan. Software ini dibuat oleh perusahaan perangkat lunak tertentu (Software House) baik dari dalam maupun luar negeri yang umumnya berasal dari Amerika. Yaa seperti yang kita ketahui bahwa negara ini memang menjadi pusat perkembangan teknologi di duni, oleh karena itu perusahaan pengembang software seperti Microsoft, Oracle, Apple mendirikan kantor pusat di Amerika.

Menggunakan paket aplikasi dapat dianalogikan seperti membeli pakaian di departemen store, kurang lebihnya kita harus menerima. Karena baju itu tidak dibuat khusus untuk kita. Masalah lainnya kalau software tersebut dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan spesifik pengguna komputer tertentu, maka modifikasinya tidak bisa dilakukan oleh siapa saja, tapi harus oleh pembuat software itu sendiri dalam hal ini programmer.

Berikut ini contoh dari perangkat lunak aplikasi :

Ø Desktop Publishing
PageMaker adalah salah satu software terbaik untuk desktop publishing. Kemampuan desktop publishing lebih lengkap dibandingkan dengan pengolah kata, akan tetapi mempelajari pengolah kata (word processor) lebih mudah dibandingkan dengan mempelajari dekstop publishing.  Software ini membantu meningkatkan kualitas format laporan keuangan apabila ingin diterbitkan dalam bentuk buku misalnya. Software lainnya yang selevel dengan PageMaker adalah Ventura dan Frame Maker.


Ø Spreadsheet
Spreadsheet adalah software aplikasi yang digunakan untuk membuat tabel-tabel perhitungan angka. Salah satu contoh aplikasi yang sangat populer di kalangan masyarakat maupun perusahaan adalah Microsoft Office Excel. Yaa Excel merupakan aplikasi spreedsheet terbaik saat ini, produk Microsoft ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam menangani berbagai pengolahan data statistik. Maka tak heran, jikalau banyak perusahaan yang mengharuskan calon pegawainya harus mahir dalam menggunakannya.

Ø Workgroup


Sesuai dengan namanya, Workrgoup berarti software yang di dalamnya terdiri dari beberapa aplikasi (multiaplikasi). Salah satu contohnya yaitu produk dari microsoft, Ms.Office 2010. Seperti yang diketahui oleh para pengguna Ms.Office versi sebelumnya ketika kita akan menginstall Ms.Office pada komputer kita, kita dapat memilih aplikasi apa saja yang akan kita gunakan pada file setupnya. Word processing (Word), spreedsheet (Excel), presenting (Powerpoint), e-Mail (Microsoft Outlook), teleconferencing (Net Meeting), dan DBMS (Access). Ms. Office juga memberikan fasilitas link (berhubungan) antara data-data yang tersimpan pada suatu file dengan file lainnya.

Ø Statistik

SPSS dan Statistica merupakan dua di antara beberapa software yang dapat digunakan untuk aplikasi statistik. Dalam hal ini kepentingan manajemen statistik dapat digunakan untuk meneliti berbagai macam permasalahan, misalnya untuk menghitung perbandingan hutang pihutang secara keseluruhan. Meneliti persentasi jumlah pembelian dibandingkan dengan penjualan. Oleh karena itu SPSS dan Statistica masih di atas Excel, karena kelebihannya ini.

Ø Komunikasi

Ms. Net Meeting merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh dimana pihak yang berkomunikasi dapat saling melihat satu sama lain. Biasanya, pihak-pihak yang berkomunikasi menyimpan kameranya di atas layar monitor. Gambar yang muncul di layar monitor tidak secepat gambar televisi, gambar muncul pada layar frame-perframe.
Ms. Outlook juga merupakan software komunikasi, tapi data yang dikomunikasikan bentuknya teks bukan video. Dnegan software ini pihak-pihak yang berkomunikasi bisa saling mengirim data. Berbeda dengan Net Meeting pada Outlook yang terjadi komunikasi kedua belah pihak tidak harus pada saat yang sama. Data yang dikirim oleh satu pihak mungkin diterima oleh pihak lain pada saat yang berbeda.

Ø Browser

Bila komputer anda ingin masuk ke jaringan internet, maka anda harus memiliki software yang bisa membawa anda ke jaringan internet. Inilah fungsi dari software browser, dimana anda bisa mengeksplor data berupa teks, gambar, maupun video di internet. Seiring perkembangan jaman, Internet begitu diperlukan dalam kegiatan manusia sehari-hari. Oleh karena itu, pemanfaatan dan penggunaan dari software browser itu sendiri merupakan kewajiban khusus untuk mengetahui banyak informasi. Contoh software browser antara lain : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dll.

Ø Author Tool
Setelah anda masuk ke dalam dunia internet dan anda memiliki homepage sendiri atau ingin menayangkan laporan keuangan di internet, anda harus bisa membuat homepage denga menggunakan software Author Tool salah satunya adalah Front Page. Penggunaan internet dalam dunia bisnis saat ini dan di masa depan akan terfokus pada penggunaan untuk e-commerce berfungsi sebagai sistem pengolah transaksi yang menangani masalah pemesanan, penjualan, dll. E-business lebih luas dari e-commerce. Mungkin bisa dikatakan bahwa e-business sebagai informasi global yang menggunakan fasilitas internet.

Ø Audit
Audit sistem informasi bisa dilakukan berdasarkan teknik-teknik seperti Audit through Computer dan Audit by Computer. Apabila anda ingin menggunakan teknik Audit by Computer maka anda dapat menggunakan salah satu software untuk kepentingan itu secara Audit Command Language (ACL) yang memungkinkan kita untuk meneliti data-data yang digunakan dala sistem informasi. Anda bisa menggunakan software ini dan menggunakannya untuk mengaudit dengan beberapa kondisi seperti :
  • Anda memahami dan bisa menggunakan komputer
  • Anda mengerti konsep sistem informasi
  • Anda mengerti konsep database dan sistem database
  • Anda memahami Open Database Connectivity (ODBC).

Sekian pembahasan mengenai SOFTWARE, kirimkan komentar anda untuk memberi saya masukkan agar saya bisa lebih mengembangkan tulisan saya. 

Terima kasih atas kunjungannya :D



Comments

Popular posts from this blog

PERANGKAT BERGERAK (MOBILE DEVICE)

Membuat Aplikasi Penjualan Sederhana Menggunakan VB.Net dan database Access 2010 (CRUD)

Ex Machina (2015) 's Review