Ex Machina (2015) 's Review

Image
From the beginning of this film, which is how humans can't be escaped from the name of Technology. Yes, modern humans today certainly can't be escaped from laptops, smartphones, and other things related to technology. In this film where a boss named Nathan intends to create an interface that can help people make their work easier. We all know if making an interface is not easy. In this case, the computer and its equipment must be designed in accordance with the desired needs and can help humans in their daily work (according to specific tasks given). If we talk about interfaces, it will offend the User Interface. User Interface here is more than what humans can see, touch or hear. The user interface includes concepts, user needs to know computer systems, and must be integrated into the entire system. The user interface isn't enough to just look 'good' but must be able to support tasks done by humans and has made to avoid minor mistakes. In this film, it c

Pengenalan MySQL


Sebelum mengenal apa itu MySQL, alangkah baiknya kita mengulas sedikit kembali pembahasan mengenai database. Pengertian database itu sendiri adalah suatu pengorganisasian data dengan tujuan memudahkan penyimpanan dan pengaksesan data. Banyak jenis-jenis software database antara lain : Oracle Database, Microsoft SQL Server, MySQL, PostgreeSQL, dsb. Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan salah satu jenis database server yaitu MySQL. Berikut pembahasannya.

MySQL adalah salah satu jenis database server yang berfungsi untuk menyimpan data dan kemudian data bisa diakses dengan cara mudah dan cepat. MySQL tergolong sebagai database relasional. Mengapa disebut demikian ? karena di MySQL terdapat berbagai fitur-fitur yang mendukung adanya hubungan interaksi antar data dalam suatu tabel dengan tabel lainnya.


Sejarah Singkat MySQL ??

MySQL pada awalnya diciptakan pada tahun 1979, oleh Michael "Monty" Widenius, seorang programmer komputer asal Swedia. Monty mengembangkan sebuah sistem database sederhana yang dinamakan UNIREG yang menggunakan koneksi low-level ISAM database engine dengan indexing. Pada saat itu Monty bekerja pada perusahaan bernama TcX di Swedia. David Axmark dari Detron HB, rekanan TcX mengusulkan agar MySQL di ‘jual’ dengan model bisnis baru. Ia mengusulkan agar MySQL dikembangkan dan dirilis dengan gratis. Pendapatan perusahaan selanjutnya di dapat dari menjual jasa “support” untuk perusahaan yang ingin mengimplementasikan MySQL. Konsep bisnis ini sekarang dikenal dengan istilah Open Source. Pada tahun 1995 itu juga, TcX berubah nama menjadi MySQL AB, dengan Michael Widenius, David Axmark dan Allan Larsson sebagai pendirinya. Titel “AB” dibelakang MySQL, adalah singkatan dari “Aktiebolag”, istilah PT (Perseroan Terbatas) bagi perusahaan Swedia



Kelebihan dan Kelemahan Menggunakan MySQL ?

Kelebihan :
1.   Berlisensi GPL dan Multi Platform.
2.  Dapat diintegrasikan dengan beberapa bahasa Pemrograman seperti .Net, Java, Python, Perl yang merupakan bahasa pemrograman yang paling dominan di kalangan programmer.
3.   Mendukung ODBC untuk OS Windows.
4.   Bisa dijalankan pada spesifikasi hardware yang rendah
5.   Mudah digunakan untuk bahan pembelajaran.
6.   MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari 20 bahasa.
Kekurangan :
1.    Banyak mengklaim kurang support terhadap pemrograman Visual/Desktop, sehingga sedikit yang menggunakan untuk aplikasi visual.
2.   Sulit mendapatkan update untuk problem yang urgent, sehingga perusahaan skala menengah keatas lebih memilih RDBMS berlisensi dan disupport seperti Oracle dan MS SQL Server
3.   Sangat diragukan dalam menangani data skala besar, karena ada beberapa opini yang pro dan kontra terhadap kemampuan MySQL terhadap pengolahan data yang besar.


Cara Memperoleh Software Database MySQL ??

Karena MySQL termasuk software yang open source, maka MySQL bisa diunduh secara gratis di link http://www.mysql.com. Namun untuk anda yang baru terjun di dunia web programming, suatu kemudahan untuk anda bila menggunakan WampServer atau Xampp. Dengan menggunakan paket software yang bersifat gratis ini, anda dapat membuat aplikasi web dengan mudah. Admin menggunakan Software Xampp sebagai contoh pengoperasian database pada MySQL.


Bagaimana cara menginstall   Xampp ??






Bagaimana cara mempraktikkan MySQL ??




Pengaksesan database MySQL dapat dilakukan dengan menggunakan program MySQL yang berbasis DOS (biasa kita gunakan yang namanya CommandPrompt/cmd) atau melalui phpMyAdmin (yang berupa aplikasi web yang bersifat User Interface dan Friendly). Kebanyakan orang pasti akan memilih phpMyAdmin untuk mengefisienkan waktu dalam pembuatan struktur database, namun  anda perlu juga untuk mengetahui Query dasar atau perintah dasar SQL yang digunakan pada cmd. Karena pada dasarnya, setiap perintah dalam pengaksesan suatu database pastinya akan menggunakan query  sebagai penanganannya.



Sekian pembahasan mengenai DBMS MySQL, saya akan jelaskan lebih lanjut pada postingan saya selanjutnya =D
Kirimkan komentarnya yaa, supaya saya bisa lebih mengembangkan blog saya, terima kasih atas kunjungannya.


Comments

Popular posts from this blog

PERANGKAT BERGERAK (MOBILE DEVICE)

Membuat Aplikasi Penjualan Sederhana Menggunakan VB.Net dan database Access 2010 (CRUD)

Ex Machina (2015) 's Review