Ex Machina (2015) 's Review

Image
From the beginning of this film, which is how humans can't be escaped from the name of Technology. Yes, modern humans today certainly can't be escaped from laptops, smartphones, and other things related to technology. In this film where a boss named Nathan intends to create an interface that can help people make their work easier. We all know if making an interface is not easy. In this case, the computer and its equipment must be designed in accordance with the desired needs and can help humans in their daily work (according to specific tasks given). If we talk about interfaces, it will offend the User Interface. User Interface here is more than what humans can see, touch or hear. The user interface includes concepts, user needs to know computer systems, and must be integrated into the entire system. The user interface isn't enough to just look 'good' but must be able to support tasks done by humans and has made to avoid minor mistakes. In this film, it c

Pengetahuan Dasar Vue js - Part2




Artikel ini merupakan seri lanjutan dari artikel yang sebelumnya sudah di publikasikan, baca semua seri Pengetahuan Dasar Vue.js :
  1. Pengetahuan Dasar Vue.js --- Part1
  2. Pengetahuan Dasar Vue.js --- Part 2 (Anda disini)
  3. Pengetahuan Dasar Vue.js ---  Part3

Kali ini kita akan melanjutkan dengan membahas hal dasar lainnya dalam Vue.js, silahkan siapkan kopi dan simak artikel berikut :

1. Mengenal File .vue

Vue.js mengenalkan single file component dimana kita bisa membuat satu file berekstensi .vue yang berisi html template, javascript function dan style layout. Sistem seperti ini terinspirasi dari JSX yang diadopsi di lingkungan React. File ini sangat memudahkan kita dalam mengatur struktur folder dalam suatu proyek karena tidak perlu lagi foldering untuk memisahkan antar komponen.

      
Gambaran .vue file. Sumber (https://vuejs.org)
Menggunakan file .vue juga sangat-sangat mudah. Seperti terlihat pada gambar di atas dimana kita bisa mendeklarasikan tiga tag untuk memisahkan masing-masing bagian yakni template untuk html template, script untuk menyisipkan kode javascript, dan style untuk menyisipkan kode css maupun pre-processor nya.
Di dalam tag template kita bisa menyisipkan kode layaknya html biasa tanpa ada sedikitpun yang berbeda begitu pula di dalam tag script maupun style. Sedikit fitur dalam tag style kita bisa menambahkan scoped bila ingin menggunakan style yang di-isolasi dalam suatu komponen. kita juga bisa dengan mudah menambahkan lang=scss bila ingin menggunakan SASS misalnya. File .vue ini tentu saja tidak bisa dibaca oleh browser, oleh karenanya jangan lupa untuk menambahkan Loader di webpack bila ingin menggunakan file .vue ini yang hebatnya lagi sudah di generate oleh Vue-CLI bila kita menggunakan scaffolding official Vue.js ini.

2. Life Cycle Vue.js Component

Vue.js memiliki berbagai hook yang bisa kita gunakan sesuai dengan state di dalam life cycle nya, misalkan created adalah hook yang akan di eksekusi ketika sebuah komponen berhasil diinisialisasi. Masalahnya adalah kita tidak boleh sembarangan mengunakan hook ini, mesti paling tidak harus tahu hook yang tersedia dan posisinya dalam. Karena bila salah menggunakan hook maka sangat mungkin kode yang kita buat tidak menghasilkan hal yang seharusnya. Untuk lebih memahami masing-masing hook ini mari sama-sama kita lihat gambar dibawah ini :
Vue.js 2 Life Cycle Diagram. sumber (https://vuejs.org/)
 

3. Data, Methods dan Props

Ketika belajar Vue.js kita akan sering bergelut dengan data, methods dan juga props. Ketiganya merupakan hal dasar yang perlu kita ketahui kegunaannya masing-masing.
👉 Data
Data di dalam Vue.js merupakan sekumpulan variabel yang digunakan oleh html template dan dapat dimanipulasi dan dimanfaatkan oleh internal komponen masing-masing dan tidak dapat diakses oleh komponen lainnya. Jadi sebuah variabel di dalam suatu komponen Vue.js hanya akan berpengaruh terhadap komponen itu sendiri.
Data sendiri bisa didefinisikan menggunakan syntax seperti yang terlihat pada gambar berikut :
Data dalam Vue.js. sumber (https://vuejs.org/)
👉 Methods
Methods merupakan opsi dalam Vue.js yang berupa object berisi function-function. Function ini sendiri akan memiliki berbagai tujuan yang berbeda-beda dan bervariasi baik memanipulasi data ataupun melakukan sebuah logika bisnis sebuah aplikasi. Function di dalam methods juga bisa jadi sebuah Event yang bisa dipanggil dengan mudah di bagian html template dari komponen yang bersangkutan. Function bisa merupakan sebuah pure function yang me-return suatu nilai maupun berupa void function yang tidak mengembalikan nilai apapun.
Pembuatan methods bisa dilihat dalam gambar berikut :

Methods dalam Vue.js. sumber (https://vuejs.org/)
👉 Props
Props merupakan parameter yang bisa dilempar oleh sebuah komponen kepada komponen lainnya. Props merupakan satu dari beberapa jalan untuk mendistribusikan data dari satu komponen ke komponen lainnya. Jadi Props di suatu komponen akan memiliki nilai yang sama dengan nilai dari data yang dilemparkan oleh komponen parent nya.
Gambar dibawah merupakan contoh pembuatan Props dengan beberapa variasinya, sebagai berikut :

Props dalam Vue.js. sumber (https://vuejs.org/)

Demikian sedikit penjelasan tentang beberapa hal dasar di Vue.js.

Lanjut di Bagian 3 ya !!! Stay tuned dan follow publikasi ini ðŸ˜…

Terima kasih dan semoga bermanfaat penjelasan singkatnya.

Comments

Popular posts from this blog

PERANGKAT BERGERAK (MOBILE DEVICE)

Membuat Aplikasi Penjualan Sederhana Menggunakan VB.Net dan database Access 2010 (CRUD)

Ex Machina (2015) 's Review