Ex Machina (2015) 's Review

Image
From the beginning of this film, which is how humans can't be escaped from the name of Technology. Yes, modern humans today certainly can't be escaped from laptops, smartphones, and other things related to technology. In this film where a boss named Nathan intends to create an interface that can help people make their work easier. We all know if making an interface is not easy. In this case, the computer and its equipment must be designed in accordance with the desired needs and can help humans in their daily work (according to specific tasks given). If we talk about interfaces, it will offend the User Interface. User Interface here is more than what humans can see, touch or hear. The user interface includes concepts, user needs to know computer systems, and must be integrated into the entire system. The user interface isn't enough to just look 'good' but must be able to support tasks done by humans and has made to avoid minor mistakes. In this film, it c

SISTEM CERDAS

Selamat datang kembali di blog saya, kali ini saya akan membahas mengenai Sistem Cerdas mulai dari perkembangannya sampai dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa panjang lebar, mari kita ulas lebih dalam.

SISTEM CERDAS ??

Pengertian sederhana dari sistem cerdas itu sendiri adalah sistem yang dibuat agar dapat berfikir selayaknya manusia dan menerapkan kecerdasan buatan untuk dimasukkan ke dalam mesin sehingga sistem ini seolah-olah mempunyai kehendak sendiri dan mampu berifikir seperti halnya manusia.

Artificial Intelegence kini dipercaya dapat membantu manusia dalam berbagai macam hal dan dapat mengubah sejarah manusia secara keseluruhan. Terutama tentang otomatisasi dan pengelolaan data.


Perkembangan Sistem Cerdas dari masa ke masa :


1. Masa Perkembangan Komputer Elektronik tahun 1941
  
    USA dan Jerman menemukan alat penyimpanan dan pemrosessan informasi yang pada zamannya disebut dengan Komputer Elektronik (Komputer Generasi 1). Dimana komputer ini melibatkan ribuan kabel untuk menjalankan suatu program dan memerlukan ruangan yang besar.


2. Masa Persiapan Artificial Intelegence (1943-1956)
    
   Pada tahun 1943, Warren McCulloch dan Walter Pitt berhasil membuat suatu model sel syaraf tiruan dimana setiap sel syaraf digambarkan sebagai 'on' dan 'off' sehingga dapat diimplementasikan dengan struktur jaringan yang sederhana. 
    
   Kemudian pada tahun 1056, John McCarthy beserta peneliti lainnya melakukan penelitian di bidang Otomata, Jaringan Syaraf dan Pembelajaran Intelijensia.  Hasil dari penelitian tersebut adalah suatu program yang mampu berpikir non-numerik dan menyelesaikan masalah pemikiran, yang dinamakan Principia Mathematica. Oleh karena itu John McCarthy disebut sebagai Father of AI.


3. Masa Perkembangan awal Artificial Intelegence (1956-1969)
    
    a. LISP (McCarthy / MIT AI Lab 1958)  
    b. Geometry Theorm Prover (Nathaniel Rochester / IBM 1959)
    c. Integral Solution (James Slagle 1963)
   

4. Masa Perkembangan AI melambat (1966-1974)
    
    Penyebab perkembangan AI melambat :
    - Program AI yang bermunculan hanya mengandung sedikit, bahkan tidak mengandung sama sekali pengetahuan.
   - Ada beberapa batasan pada struktur dasar yang digunakan untuk menghasilkan perilaku intelejensia.



5. Masa Sistem Berbasis Pengetahuan (1969-1979)

   Pengetahuan adalah kekuatan pendukung AI. Dendral Programs merupakan karya Ed Feunfenbaum, Bruce Buchanan, dan Joshua Lederberg yang memfokuskan pada pengetahuan kimia. Dari bidang medis juga sudah dilakukan penemuan oleh Sau Amarel dalam proyeknya 'Computer in Biomedicine' yang diawali keinginnannya untuk mendapatkan diagnosa penyakit berdasarkan pengetahuan yang ada pada mekanisme penyebab proses penyakit.


6. Masa AI menjadi Sebuah Industri (1980-1988)
  
    Industrialisasi AI diawali dengan ditemukannya sistem pakar yang dinamakan R1 yang mampu mengkonfigurasi sistem-sistem komputer baru. Digital Equipment Corporation, McDermott pada tahun 1982 mulai mengoperasikannya dimana pada tahun 1986 menghemat US$ 40juta / tahun. Selanjutnya kelompok AI di DEC menjalankan 40 sistem pakar yang menjadikan hampir semua perusahaan besar di USA mempunyai divisi AI, sehingga meningkat menjadi US$ 2miliar / tahunnya sejak 1988.


7.  Masa Kembalinya Jaringan Syaraf Tiruan (1988-sekarang)

     Para ahli fisika seperti Hopfield (1982) menggunakan teknik-teknik mekanika statistika untuk menganalisa sifat-sifat pentimpanan dan optimasi pada jaringan syaraf. Demikian pula para ahli psikologi, David Rumelhart dan Geoff Hinton melanjutkan penelitan mengenai model jaringan syaraf tiruan pada memori. Pada tahun 1988-an setidaknya 4 kelompok riset menemukan kembali algoritma beljar propagasi balik (Black-Propagation Learning). Algoritma tersebut berhasil diimplementasikan ke dalam bid. ilmu komputer dan psikologi.




Penerapan AI di kehidupan sehari-hari : 

1. CT Scan (Computerized Axial Tomography)



   
    CT Scan merupakan pengembangan teknologi yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dari berbagai sudut kecil dari tulang tengkorak dan otak. Penggunaan CT scan kini juga semakin banyak dimanfaatkan sebagai alat pemindaian kondisi kesehatan tubuh atau penyakit sehingga dapat dilakukannya langkah preventif.




2. ATM (Automatic Teller Machine)




    ATM merupakan teknologi AI yang dapat melayani nasabah bank, untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia.



3. Barcode Scanner


    Barcode Scanner merupakan teknologi AI yang dapat membaca kode-kode batang / barcode yang terdapat  pada kebanyakan produk. Sehingga dapat memperkecil kesalahan input yang disebabkan oleh kesalahan operator komputer serta mempercepat proses input data, sehingga mengurangi jumlah antrian.




Kesimpulan

Dalam kehidupan sehari-hari pekerjaan kita tidak jauh dari alatt Sistem Cerdas. Dari 3 contoh diatas membuktikan bahwa sistem cerdas yang berbentuk alat, robot atau mesin digunakan dan dibutuhkan oleh manusia. Dengan begitu pekerjaan manusia akan lebih mudah dan lebih efesien. Dari 3 contoh diatas ada Mesin ATM, CT SCAN, Barcode Scanner memiliki fungsi yang berbeda-beda, namun memiliki peran yang penting untuk membantu pekerjaan manusia.
Beberapa contoh penerapan Artificial Intelligence semakin populer hari ini; mempengaruhi cara kita hidup, berinteraksi dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Masih banyak yang akan datang di tahun-tahun mendatang dengan lebih banyak perbaikan, pengembangan, dan penerapannya.


Referensi :

https://www.coursehero.com/file/p7q23k2/Tahapan-sejarah-perkembangan-AI-o-Era-komputer-elektronik-1941-Telah-di-temukan/

https://www.alodokter.com/melacak-penyakit-dengan-ct-scan.html

https:// www.teknikiot.com/contoh-penerapan-artificial-intelligence

Comments

Popular posts from this blog

PERANGKAT BERGERAK (MOBILE DEVICE)

Membuat Aplikasi Penjualan Sederhana Menggunakan VB.Net dan database Access 2010 (CRUD)

Ex Machina (2015) 's Review